Senin, 12 Maret 2012

SEBERAPA PENTING MATA KULIAH PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA


SEBERAPA PENTING MATA KULIAH PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar  Belakang
Setiap kali kita mendengar kata kewarganegaraan, secara tidak langsung otak merespon dan mengaitkan kewarganegaraan dengan pelajaran kewarganegaraan pada saat sekolah, dan mata kuliah kewarganegaraan pada saat kita kuliah. Bisa jadi kata kewarganegaraan didalam memori otak tersimpan dengan baik karena setiap tahun dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas ada pelajaraan tersebut, dan hingga kini dibangku perkuliahaan pun ternyata kita masih mempelajarinya. Akan tetapi mungkin lebih dalam karena membahas seberapa pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa dan lebih spesifiknya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.2              Tujuan
Tujuan dari dibuatnya tugas ini tidak lain untuk mengetahui seberapa pentingkah mata kuliah pendidikan bagi mahasiswa khususnya dan mengembangkan kepekaan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa. Serta menyadarkan para mahasiswa yang menganggap enteng mata kuliah tsb jikalau mata kuliah pendidikan itu sebenarnya sangat penting karena dalam konteks indonesia pendidikan kewarganegaraan berisi prularisme yakni sikap menghargai keragaman, pembelajaran kolaboratif, dan kreatifitas dan juga mengajarkan nilai-nilai  kewarganegaraan dalam kerangka identitas nasional.





BAB II
RUMUSAN MASALAH
2.1       Isi / Pembahasan
Pancasila sebagai ideologi  bangsa indonesia saat mengalami penurunan paradigma dikalangan mahasiswa. Mata kuliah pendidikan yang dilaksanakan ditingkat perguruan tinggi tinggi belum menemukan posisi yang sesuai dikalangan mahasiswa karena masih dipandang sebagai mata kuliah yang membosankan karena kadang dianggap pelajaran yang pasif. Tetapi, para mahasiswa sebenarnya tidak mengetahui seberapa pentingnya mata kuliah pendidikan bagi dirinya sendiri karena para mahasiswa tidak menyadari pula bahwa sebenarnya mereka para bibit unggul bagi bangsa indonesia yang dimana pada masanya nanti bibit ini akan melahirkan pemimpin negara. Karena itulah diperlukan pendidikan moral dan akademis yang akan menunjang sosok pribadi mahasiswa. Kepribadian mahasiswa akan tumbuh seiring dengan waktu dan mengalami proses pembenahan, pembekalan, penentuan, dan akhirnya pemutusan jati diri.
Seperti yang pernah dikatakan salah satu rektor sebuah universitas, “Tanpa pendidikan kewarganegaraan baik akan terlahir masyarakat yang egois. Tanpa penanaman nilai0nilai pendidikan  keragaman yang ada akan menjadi penjara dan neraka dalam artian akan menjadi sumber konflik. Pendidikan lewat kurikulumnya berperan sangat penting dan itu terkait dengan strategi kebudayaan”. Nah, seharusnya dari ucapan tersebut para mahasiswa sadar akan betapa pentingnya mata kuliah pendidikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kadang pula para mahasiswa-mahasiswa menganggap mata kuliah seperti statistika, akuntansi dan berbagai mata kuliah rumit lainnya itu lebih penting dibanding mata kuliah pendidikan karena dianggap lebih rumit dan lebih menguras otak. Padahal  pendidikan  kewarganegaraan lah yang mengajarkan bagaimana seseorang menjadi lebih pribadi yang bertanggung jawab . karena kewarganegaraan itu tidak dapat diwariskan begitu saja melainkan harus dipelajari dan dialami oleh masing-masing individu. Apalagi negara kita sedang menuju menjadi negara yang demokratis, maka secara tidak langsung warga negaranya harus lebih aktif dan partisipatif. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus mempelajarinya agar kita bisa menjadi garda terdepan dalam melindungi negara. Garda kokoh yang akan terus melindungi negara walaupun akan banyak arah merintang didepan.
BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan

Dari pembahasan bab-bab diatas bisa disimpulkan seberapa pentingnya mata kuliah pendidikan bagi mahasiswa dan ternyata dari hasil penyusunan makalah ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman dan mata kuliah pendidikan tidak terlalu dianggap penting bisa kita lihat dengan turunnya jiwa nasionalisme mahasiswa saat ini.

3.2       Saran

Pertama-tama saya mohon maaf, karena kekurangan dan kelemahan  saya sebagai penulis, tugas ini tidak selengkap dengan semua pembahasan yang ada tercakup dalam pentingnya mata kuliah bagi mahasiswa. Ada banyak informasi-informasi dan hal-hal yang tidak dapat dimasukkan di sini karena keterbatasan saya sebagai penulis.
Saya harap tugas ini dapat dikembangkan lagi dengan sumber informasi yang lebih besar dan lebih luas. Maka dari itu saran saya sebagai penulis untuk para penulis berikutnya ialah lebih fokus lagi dan lebih giat lagi untuk mencari sumber-sumber yang lebih banyak dan tugas ini lebih memberikan motifasi kepada semua pembaca agar ikut termotifasi dengan materi yang kita ambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar